Cara atau Tips Agar Tidak Kecanduan Drama Korea


Pada prinsipnya, hidup adalah pilihan dan kitalah yang menjalani hidup kita masing-masing, bukan orang lain. Sepanjang apa yang kita lakukan tidak bertentangan dengan norma kehidupan dan tidak mengganggu kepentingan orang lain.. why not?

Namun banyak juga pecinta drama korea nih yang terkadang suka kebablasan saking asiknya menikmati jalinan cerita drama korea sampai kadang-kadang lupa waktu, lupa kewajiban, dll

Oke, gw akan sedikit cerita dulu. Pertama kali gw kecemplung di k-dramaland tu pas jaman-jaman "Secret Garden". Udah tamat gw tonton, masih aja gw ulang-ulang terus saking bagusnya. Setelah itu gw mulai mencari-cari drama korea lain dengan pemain yang sama. Setelah itu, gw nyari2 lagi drama lain karena tau ada pemain drama korea yang ganteng lainnya. 

Memang ya, karena banyak tontonan indonesia yang *maaf* kurang mendidik dan penuh orang alay, jelas donk gw memilih buat nonton drama Korea. Drama Korea itu kualitasnya bagus, jalan ceritanya unik, menarik dan ngga lebay kayak sinetron indo.. (iya kan??) dan episode nya enggak panjang mpe ribuan.

Jujur aja, gw sendiri pernah menjalani fase dimana gw ga bisa berhenti nonton drama korea. Habis 1 episode trus penasaran episode berikutnya.. melek dah ampe pagi.. padahal besoknya kudu sekolah/kuliah/kerja/ngurus rumah. Ujung-ujungnya apa yang menjadi kewajiban kita tidak dapat kita laksanakan dengan maksimal, dan yang jelas bikin kuota jebol juga... ye kaaaann? 

Nah, belajar dari pengalaman, gw sekarang udah mulai bisa mengatur ritme nonton drama korea. Ini berdasarkan pengalaman gw sendiri...

1. Baca dulu sinopsis atau ulasan tentang drama korea yang ingin kamu tonton


Drama Korea memang lebih bagus daripada sinetron indo, tapi ngga semua drama Korea itu sesuai ama selera kita. Pilih drama Korea yang memang udah ada testimoni atau rekomendasi, entah itu dari pemain-pemainnya, jalan ceritanya, dan endingnya. Jadi kita ngga buang-buang waktu, kuota atau duit buat beli DVD drama Korea yang ternyata kurang oke setelah ditonton.

2. Penuhin dulu tanggung jawab dan kewajiban kita, baru nonton drama Korea

Jika kamu sudah berkeluarga, jangan nonton drama Korea sebelum kerjaan rumah beres! Kalau kita punya suami yang pengertian sih ga masalah ya.. tapi tidak semua pria itu sama. Dan kita sebagai istri dan seorang ibu, kudu bisa mengatur waktu dengan baik. Misalnya, nonton korea saat anak-anak lagi sekolah atau lagi tidur. Ini based on true story.. temen gw yang demen nonton korea sekarang udah dilarang keras sama suaminya buat korea-koreaan lagi. Alasannya karena rumah dan anak-anak jadi terbengkalai. Nah, temen-temen semua jangan sampai melupakan tanggung jawab yah... daripada berabe urusannya.. hehe... ingatlah bahwa drama Korea itu hanyalah sebagai hiburan bagi kita.

Untuk yang masih pelajar atau mahasiswa, harus bisa ngontrol waktu. Buat jadwal kapan harus mengerjakan tugas, kapan waktunya cari hiburan dengan nonton drama korea. Jangan sampai nilai kita jelek atau kita gagal ngejar cita-cita gara-gara pikiran kita terganggu dengan drama korea.

3. Pantau jalan cerita dan popularitas sebuah drama dari akun media sosial

Jaman sekarang kan udah banyak akun-akun media sosial yang mengupdate berita/info tentang perkoreadramaan baik itu di instagram, twitter, atau facebook. Follow mereka agar kita bisa dapat rekomendasi drama mana yang lagi populer dan asyik buat ditonton. Jadi bisa pilih-pilih drama.
4. Ambil pelajaran hidup dari cerita di serial drama Korea

Bagusnya drama Korea adalah banyak mengajarkan pelajaran hidup. Yang bagus-bagus kita serap, yang jelek jangan ditiru (ini nasehat dari orang tua dan bu guru hehe) Kita sebagai penonton harus jadi penonton yang smart, jangan cuma terbuai ama wajah ganteng dan cantik pemainnya aja, rugi!

5. Banyak-banyak bergaul / bersosialisasi dengan teman di dunia nyata

Masih pada inget donk ya pelajaran waktu sekolah. Manusia itu makhluk sosial, ngga bisa hidup sendiri, harus berinteraksi dengan orang lain. Nah, jika kamu melakukan sosialisasi yang baik dengan orang lain di dunia nyata, kamu akan bisa melupakan keinginan kamu yang menggebu-gebu untuk nonton drama korea. Intinya, hidup harus seimbang.

Sekian tips dari gw supaya kita ngga kecanduan drama korea, buat yang punya tips lainnya bisa kasih masukan di kolom komentar yah... makasih, have a good day!



No comments