REVIEW DRAMA KOREA : SUITS


Drama yang dibintangi oleh ahjusi tampan Jang Dong Gun dan oppa ganteng Park Hyung Sik ini merupakan remake dari serial populer Amerika dengan judul yang sama, yaitu "Suits".

Drama yang tayang di KBS2 mulai tanggal 25 April 2018 ini bertema hukum tentang dua pengacara handal dalam menyelesaikan kasus-kasus hukum. Sama seperti versi Amerika-nya yang meraih sukses, versi Korea juga cukup populer lho, terbukti dengan perolehan rating yang cukup tinggi di setiap episodenya. Menurut AGB Nielsen, episode terakhir drama ini meraih rating sebesar 11,3%.

Walaupun ini adalah drama remake, namun cerita drama ini tidak sama persis dengan versi Amerikanya. Penulis drama ini mengaku membuat jalan cerita yang berbeda karena harus menyesuaikan dengan budaya di Korea. Drama ini juga cukup dinanti oleh pecinta drama Korea karena aktor senior Jang Dong Gun akhirnya bersedia turun gunung ke dunia drama setelah 6 tahun lamanya.

SINOPSIS

Go Yeon Woo (diperankan Park Hyung Sik) adalah anak yatim piatu yang memiliki kelebihan yang tidak dipunyai oleh orang lain, yaitu ia dapat mengingat apapun yang ia lihat. Kelebihan itu membuat ia menjadi seorang anak yang jenius. Namun karena keterbatasan ekonomi, ia tidak lulus sekolah dan tidak dapat melanjutkan pendidikan di sekolah hukum, padahal ia bercita-cita untuk menjadi seorang pengacara.


Demi uang, ia bersedia untuk mengantarkan narkoba ke seorang anak konglomerat, namun ternyata ia dijebak. Untuk menyelamatkan dirinya dari kejaran polisi, ia terpaksa  berpura-pura menjadi seorang pelamar di sebuah firma hukum dan menjalani wawancara dengan seorang pengacara kelas atas bernama Choi Kang Soek (diperankan Jang Dong Gun).

Karena kagum dengan kejeniusan Go Yeon Woo, Choi Kang Soek akhirnya menerimanya untuk bekerja sebagai pengacara dan membantunya lepas dari kejaran polisi.

Walau memiliki latar belakang pendidikan yang kurang bagus dan tidak memiliki ijin praktek sebagai pengacara, Go Yeon Woo tetap bekerja sebagai seorang pengacara gadungan mendampingi Choi Kang Seok di sebuah firma hukum terbaik di Seoul.

Mampukah ia terus merahasiakan jati dirinya yang sebenarnya? Dan bisakah ia menjaga nama baik dan melindungi Choi Kang Seok dari orang-orang yang ingin menjatuhkan karirnya?

MY REVIEW

Hayooo ngaku, siapa yang nonton drama ini karena kangen sama aktingnya ahjusi tampan Jang Dong Gun?? Ia terakhir kali berakting di drama "A Gentleman's Dignity" sekitar 6 tahun lalu kemudian lebih fokus untuk berakting di film.

Atau mungkin diantara kalian banyak yang kepo sama drama ini karena Park Hyung Sik. Kalau iya.. berarti kita sama!


Berawal dari seorang idol (dia adalah anggota grup ZE:A), ia terjun ke dunia akting dan berhasil membuktikan bahwa dia punya kemampuan akting yang bagus lewat drama "Strong Woman Do Bong Soon" dan "Hwarang". Kedua drama itu termasuk drama yang populer lho. Dan melalui drama "Suits" ini, ia juga dapat membuktikan bahwa ia bisa memerankan segala karakter dengan apik.

Gw mau kasih applause dulu untuk dia karena karir aktingnya bisa dibilang cukup melesat. Waktu kalian nonton "The Heirs" kalian sadar ngga kalo di drama itu ada Park Hyung Sik?? Pasti pada ngga sadar... haha.. kita sama! Dia memulai karir akting lewat peran-peran minor atau tokoh pendukung. Nah, dia mulai dapat pengakuan sebagai aktor saat main di drama "Hwarang" bareng Park Seo Joon dan V BTS. Dan dia semakin populer lagi setelah main drama "Strong Woman Do Bong Soon" yang bikin semua orang baper karena chemistry-nya dengan Park Bo Young terasa begitu real (gw bahkan berharap mereka berdua beneran pacaran lho)

Kembali ke drama "Suits"..

Jujur aja gw ngga nonton serial "Suits" versi Amerika-nya, jadi gw ga bisa bikin perbandingan bagusan yang mana, versi Korea atau Amerika. Yang jelas dua-duanya cukup populer.


Drama ini kan bertema hukum, jadi jangan kaget kalo ada banyak dialog tentang undang-undang. Yang bikin gw salut adalah, tokoh yang diperankan Hyungsik ini kan ceritanya seorang jenius dan memiliki daya ingat yang luar biasa, jadi banyak adegan yang menuntut dia untuk menghapal kalimat-kalimat panjang nan njelimet dengan bahasa yang baku dalam undang-undang. Itu ngga gampang lho guys... musti menghafal kayak mo maju ujian. Pernah diberitakan juga bahwa demi mempersembahkan akting yang bagus, kemana-mana dia selalu membawa naskah-nya dan ngapalin kalimat yang susah susah itu.

Tak cuma Hyung Sik yang totalitas banget dalam mempersiapkan aktingnya, om Jang Dong Gun bahkan sampai menonton serial versi Amerika-nya demi mendapatkan penghayatan untuk menghidupkan karakter yang dia perankan. Dan seperti yang diharapkan, aktingnya keren banget di drama ini. Saat marah, matanya pun bisa berbicara lho.

Gw suka bromance antara Jang Dong Gun dan Hyung Sik. Yang satu selalu pengen dipuji sementara yang satunya jual mahal banget, padahal dalam hati sih sayang. Wkwkwk


Selain pemeran utama, gw juga suka sama ahjusi tampan yang berperan jadi pengacara bernama David Kim, terutama saat dia ngomong pake bahasa inggris. Karakter dia jadi bukti bahwa tokoh pengacara di drama ini adalah lulusan dari universitas Harvard. Bikin level drama ini semakin berkelas. Soalnya cara ngomong bahasa inggrisnya bagus banget.. ngga kaku.

Sama seperti judulnya, SUITS, sepanjang drama ini kita akan melihat pria-pria tampan (dan yang tidak tampan) tampak maskulin dalam balutan jas. Baju kerja tokoh wanita-nya juga keren-keren. Apalagi ruangan kerjanya.. gw cuma bisa mimpi, kapan gw bisa kerja di tempat bagus kayak gitu?! #halu

Kalau dari segi jalan cerita, jujur aja di awal-awal drama ini gw agak sulit mencerna (maafkan kemampuan otak gw yang pas-pasan ini). Drama ini bercerita seputar kehidupan pengacara papan atas, jadi dialog-nya agak intelek. Becandaan-nya pun bukan becandaan yang receh gitu. Jokes-nya classy. Wajar kok kalo kadang kamu ga mudeng.. soalnya gw juga kadang ga mudeng!

Gw baru merasakan gregetnya mulai pertengahan drama sampai ending. Terutama saat latar belakang pendidikan si Hyung Sik mulai tercium oleh banyak orang.


Dengan jalan cerita yang lumayan serius dan agak bikin mikir, gw seneng writernim ngasih romance yang mulus-mulus aja. Soalnya kasian aja gw sama Hyungsik, nasibnya melas dan pekerjaannya penuh tantangan.. masa iya kisah cintanya juga dibikin rumit. Walau romance-nya kurang bikin baper, tapi cukup bikin hati jadi rileks saat nonton drama ini.

Di setiap awal episode, selalu ada quote. Salah satunya adalah : "Jika kamu punya kesempatan untuk melempar sebuah dadu. Lemparlah tanpa ragu-ragu. Karena paling tidak kamu sudah bisa maju satu langkah." Nice kan quote-nya!?

Dari drama ini gw jadi menyadari bahwa pekerjaan seorang pengacara tu ga gampang dan bisa saja bertentangan dengan hati nurani. Gimana jika orang yang dia bela sebenarnya adalah pihak yang bersalah? Harus nurutin hati nurani atau profesionalitas? Apalagi ngapalin undang-undang yang setebel bantal.. hadeehh.. apa ngga bikin kepala jadi botak tuh? Cuma orang-orang pinter yang sanggup!

Gw juga jadi menyadari bahwa peran pemerintah di dunia pendidikan tu sangat penting. Terutama bagi mereka yang kurang mampu dalam segi finansial tapi punya otak cerdas, mereka harus dikasih beasiswa atau sekolah gratis!

OST di drama ini biasa aja menurut gw, ga ada yang catchy atau langsung kerekam di memori. Biasanya kalau gw abis nonton drama, gw langsung searching OST nya dan tanpa sadar menggumamkan lagunya, tapi di drama ini gw sama sekali ga inget OST nya kayak apa. Mungkin karena gw terlalu fokus sama ceritanya kali ya.

Mengenai endingnya, walau agak ga sesuai sama harapan gw tapi endingnya bagus kok. Gw berharap endingnya si Hyungsik bisa sekolah lagi dan dapet ijin praktek sebagai pengacara. Mosok dia mo jadi pengacara gadungan lagi? Tydaaaackk!


------------------

fyi, review drama ini juga gw posting di kdramazone

No comments