REVIEW DRAMA KOREA : THE LIGHT IN YOUR EYES



Drama The Light In Your Eyes atau judul lainnya Dazzling adalah drama yang dibuat sebagai bentuk penghormatan atau penghargaan terhadap aktris senior Kim Hyeja. Aktris Kim Hyeja telah berkecimpung di dunia akting selama lebih dari 50 tahun. Beliau adalah aktris yang sangat dicintai dan dihormati di Korea Selatan dan bahkan ia mendapat julukan sebagai "The Nation's Mother" karena sering memerankan karakter ibu yang penuh cinta di berbagai judul drama. Uniknya adalah, tokoh utama di drama ini juga bernama Kim Hyeja dan tokoh ini diperankan oleh 2 orang yaitu Kim Hyeja sendiri dan aktris Han Ji Min.

Tayang mulai 11 Februari 2019 setiap hari Senin-Selasa di JTBC, drama bertema time travel ini mendapat berbagai pujian dari para kritikus dunia hiburan sebagai salah satu drama terbaik sepanjang masa karena mampu menggambarkan realita kehidupan yang penuh cobaan hidup dengan sangat apik.

Selain dibintangi Kim Hyeja dan Han Ji Min, drama ini juga dibintangi oleh aktor muda Nam Joo Hyuk dan Son Ho Jun. Tayang perdana dengan perolehan rating sebesar 3,18%, rating drama ini terus meningkat di setiap episode-nya dan berhasil tamat dengan perolehan rating yang tinggi yaitu 9,73% (menurut AGB Nielsen skala nasional)

SINOPSIS


Kim Hyeja (Han Ji Min), gadis muda yang bercita-cita menjadi seorang pembaca berita, menemukan sebuah jam tangan yang mampu memutar waktu. Ia jatuh cinta pada seorang pria bernama Lee Joon Ha (diperankan Nam Joo Hyuk) yang bercita-cita menjadi seorang reporter. Suatu hari, kejadian tragis menimpa ayahnya. Kim Hyeja lalu memanfaatkan jam tangan tersebut untuk memutar waktu agar dapat menghindari kejadian tragis yang menimpa ayahnya. Namun jam tangan pemutar waktu tersebut ternyata punya efek samping. Kim Hyeja dapat memutar waktu namun ia harus kehilangan waktu yang berharga dalam hidupnya. 

Setelah ratusan kali menggunakan jam tangan tersebut untuk menyelamatkan sang ayah, ia terbangun di pagi hari dengan wujud tubuhnya yang telah menua. Ia telah berubah menjadi seorang nenek tua berusia 70 tahun (diperankan aktris senior Kim Hyeja). Kim Hyeja telah kehilangan seluruh masa mudanya. Mampukah ia kembali menjadi gadis muda lagi?

REVIEW DARIKU

Drama ini benar-benar diluar ekspektasi gw! Awalnya gw biasa aja, tapi ternyata bagus banget!

Kesan pertama gw terhadap drama ini adalah :
  1. Sejak awal, drama ini tu bukan drama yang dipromosikan secara gencar oleh JTBC. Poster utamanya pun juga memiliki kesan sederhana yang membuat penonton kayak gw gini kurang penasaran, apalagi dibintangi oleh nenek tua (sungkem dulu sama nenek Kim Hyeja) jadi kesan gw adalah "oohh.. drama keluarga tho ini?!"
  2. Baca sinopsis, ternyata temanya adalah time travel. Kita semua tau lah ya, sudah terlalu buanyakkk drama yang mengusung tema lintas waktu begini. Jadinya semakin mengurangi ketertarikan gw terhadap drama ini.
  3. To be honest ya, alasan pertama gw nonton drama ini adalah karena dibintangi oleh Nam Joo Hyuk (hehehe) selain karena doi ganteng, gw juga penasaran sama aktingnya karena sebelum ambil project ini dia berhasil mendapat penghargaan sebagai Best New Actor di Blue Dragon Awards berkat perannya di film The Great Battle. Alasan kedua adalah gw pengen liat aksi konyol Son Ho Jun.

kakak Kim Hyeja yg kelakuannya selalu error

Akhirnya setelah nonton..
Episode awal-awal  gw dibuat penasaran sama kemampuan jam tangan yang bisa memutar waktu itu. Nah kan ceritanya Kim Hyeja yang awalnya gadis muda tiba-tiba berubah jadi nenek tua tuh, gw kepo banget apakah Kim Hyeja bisa berubah jadi muda lagi? Klo bisa, gimana caranya?? Cuma itu doank yang gw tunggu-tunggu. Tapi semakin berjalannya episode, adegan yang muncul adalah adegan si nenek terus, Han Ji Min udah jarang muncul lagi. Dan ngga kelihatan hilalnya bahwa Kim Hyeja bisa kembali muda lagi. 

Baca-baca komentar dari netizen, ada yang bilang drama ini terasa agak membosankan. Apalagi saat Kim Hyeja sudah berubah jadi nenek tua. Tapi gw malah menikmati akting si nenek, lucu banget soalnya.. fisiknya usia 70 tahun tapi jiwanya masih berusia 24 tahun. Jadi tingkah lakunya tu kayak nenek-nenek lincah gitu. Drama ini makin seru lagi karena ada karakter kakak Kim Hyeja yang diperankan oleh Son Ho Jun. Ya ampuuuunnnn, dia tu gokil banget!!! Gw jamin kalian bakalan ngakak liat kekonyolannya. Apalah jadinya drama ini tanpa kehadiran Son Ho Jun. Mungkin rasanya bakalan sedikit anyep.


Dan yang menjadi perbincangan hangat para netizen adalah akting Nam Joo Hyuk yang brilian banget! Ada beberapa adegan Nam Joo Hyuk yang menjadi sorotan dan mendapat pujian dari netizen, salah satunya adalah adegan saat dia sedang menangis di pemakaman neneknya. Klo kata gw sih akting Nam Joo Hyuk makin naik kelas berkat drama ini. Penghayatannya sebagai pria yang memiliki kehidupan yang berat dan masa lalu yang kelam tu jadi bikin gw selalu pengen meluk dia. Gw terbawa ama karakter dia yang melas,, kasihan banget. Menurut gw dia layak masuk sebagai nominasi Best Actor di ajang penghargaan atas karakternya di drama ini.

Dan puncaknya adalah,
TIBA-TIBA ADA SEBUAH PLOT TWIST YANG MAHA DAHSYAT SODARA SODARAAAA..

Gw pengen tulis disini plot twist-nya, tapi ga jadi ahh,, takut spoiler (maaf ya.. maaf)
Gw gamau kalian yang belum nonton drama ini jadi kehilangan momen sakral saat plot twist-nya terungkap. Karena gw sendiri juga dibuat speechless, terbengong-bengong, bingung dengan apa yang terjadi, dan akhirnya gw cuma bisa kasih acungan jempol buat penulis drama ini.

Barangkali ada yang belum plot twist itu apa, simpelnya adalah plot twist itu perubahan alur cerita yang sangat tajam atau kejutan yang tidak terduga di sebuah alur cerita.

friendship goals
foto jadul ini adalah salah satu kunci plot twist-nya

Dari keseluruhan review gw diatas, drama ini adalah drama tentang keluarga, tentang persahabatan, tentang perjuangan hidup, tentang cinta yang tak terbatas yang mengajari kita untuk selalu mensyukuri dan menikmati setiap waktu yang kita miliki. Bahwa hidup itu indah. Walaupun kadang terasa berat, tapi kita harus bersyukur bahwa kita dapat merasakan kesulitan itu, sehingga kita bisa tahu apa itu arti kebahagiaan.


-------------------------------------

fyi, review ini juga gw posting di web www.kdramazone.com

No comments